Cara
Menggunakan Kutipan Dan Daftar Pustaka Di Ms. Word
Catatan:
Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di
daftar pustaka (bibliografi).
Pada References tab, Citations & Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
v
Pilih
gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
v
Klik
pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan kutipan.
v
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Insert Citation.
v
Klik Add New Source untuk
membuka kotak dialog Create Source.
v
Pada Type
of source, pilih tipe sumber. Misalnya Book, Journal Article, Web site dan
sebagainya. Perhatikan kotak isian akan berubah sesuai tipe sumber yang
dipilih.
v
Ketik
informasi yang diperlukan pada kotak isian. Perhatikan contoh yang muncul di
bagian bawah kotak dialog.
v
Pada
beberapa bagian seperti Author akan muncul tombol Edit. Klik
tombol ini untuk mempermudah menulis nama dan mengatur urutannya.
v
Centang
kotak Show All Bibliography Fields untuk menambah data lain.
v
Klik OK bila
sudah selesai.
v
Pada
dokumen sekarang sudah muncul kutipan yang dibuat. Bila Anda hanya ingin
membuat daftar sumber untuk digunakan belakangan, hapus kutipan tersebut pada
dokumen.
1.Cara Mencari Sumber
Kutipan yang Tersedia
Gunakan fitur ini untuk mencari kutipan pada daftar
yang panjang atau untuk menemukan kutipan yang digunakan pada dokumen MS Word
yang lain.
v
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Manage Sources.
Perlu
diperhatikan:
v
Bila
membuka dokumen baru, semua sumber yang pernah digunakan pada dokumen
sebelumnya akan muncul di bagian Master List.
v
Jika
membuka dokumen yang memiliki kutipan, sumber untuk kutipan tersebut akan
muncul di bagian Current List.
Untuk mencari
sumber tertentu, lakukan hal berikut:
v
Pada
kotak sortiran, pilih apakah sumber akan diurutkan berdasarkan tahun (Sort by
Year), penulis (Sort by Author), judul (Sort by Title), atau berdasarkan tag
(Sort by Tag).
v
Pada
kotak Search, ketik judul atau nama penulis yang ingin dicari.
v
Klik Close bila
sudah selesai.
2.Cara Edit Sumber Kutipan
v
Cari
sumber yang ingin diedit dengan cara di atas (menggunakan Manage Sources).
v
Klik
sumber tersebut di bagian Master List (bila ingin merubah data
di Master List). Atau klik sumber di Current List bila ingin mengubah
data di sini.
v
Klik
tombol Edit dan lakukan perubahan yang diinginkan.
v
Klik OK bila
sudah selesai. Microsoft Word akan meminta konfirmasi apakah Anda ingin
melakukan perubahan di Master List dan Current List.
v
Klik Yes,
bila ingin perubahan disimpan pada kedua daftar tersebut.
v
Klik No,
bila perubahan hanya untuk daftar yang dipilih.
v
Klik Close untuk
menutup kotak dialog.
Tip: Cara
cepat untuk mengedit sumber: klik kutipan pada dokumen dan kemudian klik tanda
panah dan pilih Edit Source.
3.Cara Membuat dan Edit
Placeholder Kutipan
v
Kadang-kadang
kita mungkin ingin membuat sebuah placeholder kutipan untuk menandai posisi
kutipan tersebut pada dokumen dan mengisi datanya kemudian.
v
Membuat
Placeholder Kutipan
v
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik tanda panah pada Style.
v
Pilih
gaya penulisan, misalnya APA atau MLA.
v
Klik
pada bagian di halaman dokumen yang akan disisipkan placeholder.
v
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Insert Citation.
v
Klik Add
New Placeholder .
v
Ketik
nama untuk placeholder dan klik OK bila sudah selesai.
v
Mengedit
Placeholder Kutipan
v
Pada References tab, Citations
& Bibliography group, klik Manage Sources.
v
Pada Current
List, klik placeholder yang ingin diedit (placeholder ditandai dengan tanda
tanya dan diurutkan berdasarkan abjad).
v
Klik
tombol Edit dan isi informasi yang diperlukan.
v
Klik OK bila
sudah selesai.
Tip :
Cara cepat untuk mengedit placeholder adalah dengan mengkliknya pada dokumen.
Kemudian klik tanda panah dan pilih Edit Source.
ΓΌ Cara Membuat Daftar Pustaka (Bibliografi)
v
Sebelum
membuat daftar pustaka (bibliografi), kita harus memiliki sumber (kutipan)
terlebih dahulu (minimal 1).
v
Klik
pada bagian halaman dokumen untuk membuat daftar pustaka (bibliografi). Bila
perlu gunakan Section Break untuk membuatnya di section yang
baru.
v
Pada References tab,
in the Citations & Bibliography group, klik Bibliography.
v
Klik
pada Bibliography yang tersedia untuk menyisipkannya pada dokumen.
v
Klik
pada daftar pustaka (bibliografi) untuk memberi format yang diinginkan
(mengubah tipe dan ukuran font, warna dan sebagainya).
v
Bila
ada perubahan data, klik pada daftar pustaka (bibliografi) sehingga muncul
tampilan seperti pada gambar berikut.
v
Klik Update
Citations and Bibliography.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar